Sunday 7 June 2015

Zacaton, Sumur Indah Tapi Mematikan

Zacaton - adalah sebuah sinkhole atau sebuah lubang di tanah yang terbentuk dari aktifitas alam dan bukan buatan manusia. Zacaton sendiri tergolong salah satu sumur terindah yang ada di dunia dan sering di sebut-sebut sumur purba tak berdasar. Tapi menurut penelitian nyatanya Zacaton sendiri memiliki dasar yang di perkirakan mencapai 335 meter dengan ketinggian air hangatnya 319 meter. Memang lubang air ini tergolong berbahaya untuk di selami karena kedalamannya yang mencapai ratusan meter serta di tambah kandungan mineral dan sulfur di dalamnya membuat zacaton cukup berbahaya.

Zacaton
Zacaton
Sinkhole ini sendiri terletak di timur laut Tamaulipas, Meksiko. Zacaton yang memiliki air berwarna biru hangat dan juga banyak sekali mikroorganisme yang hidup di dalamnya membuat sumur ini menjadi tempat para penyelam di seluruh dunia untuk mencoba mengeksplorasi sumur indah ini. Misalnya saja seorang penyelam wanita bernama Ann Kristovich yang berhasil menembus kedalaman zacaton hingga 169 meter. Dan ada lagi seorang pria yang berhasil memecahkan rokor dunia bernama Jim Bowden karena berhasil menyelam sampai di kedalaman 282 meter. Tetapi berbeda dengan yang di alami petnernya karena harus kehilangan nyawa pada saat melakukan penyelaman tersebut.

Zacaton
Zacaton
Jadi haruslah berhati-hati jika ingin mencoba mengeksplorasi keindahan zacaton karena para penelitipun hanya menggunakan robot Phreatic Thermal Explorer (DEPTHX). Untuk di gunakan sebagai pengganti manusia. Makanya hingga detik ini belum ada seorang manusiapun yang berhasil menyentuh dasar Zacaton.

Dilaporkan dari situs MNN nama Zacaton di ambil dari pulau-pulau kecil yang terapung (Zacate) yang mengambang di permukaan airnya.

1 comment:

  1. menyelam sampai kedalaman 282 meter, berani sekali
    tekanan airnya pasti sudah besar sekali disana

    ReplyDelete