Thursday 18 June 2015

Tips Menu Sahur Yang Baik Dan Sehat

Tips Menu Sahur Yang Baik Dan Sehat - Tidak terasa kita sudah memasuki bulan ramadhan lagi. Di bulan yang penuh berkah ini tentunya kita sebagai umat muslim akan di wajibkan untuk berpuasa. Agar puasa kita tetap lancar dan segala aktivitas keseharian kita tidak terganggu, ada baiknya kita juga harus memilih menu makanan dan minuman yang terbaik untuk kesehatan tubuh. Jangan sampai puasa yang harusnya membuat kita sehat malah menjadi ancaman penyakit bagi diri kita sendiri. Karena meskipun kita menjalankan puasa, kita tetap harus bekerja dan melakukan kegiatan sehari-hari. Orang yang berpuasa baik di dalam maupun di luar ruangan, tetap memerlukan asupan air dan energi yang cukup dan ini erat kaitannya dengan asupan nutrisi yang kita dapat saat berbuka maupun bersahur. Nah disini Info unik 7 hanya akan berbagi tips makanan yang baik saat sahur agar tubuh tetap fit dalam menjalankan ibadah puasa ini.

Info unik 7
Tips Menu Sahur Yang Baik Dan Sehat

Namun, kebanyakan hal yang terjadi dalam masyarakat di bulan puasa justru cenderung makan secara berlebihan, apalagi hidangan di bulan puasa Ramadhan biasanya dibuat lengkap dan istimewa daripada yang biasanya. Buat Anda yang ingin tahu apa saja makanan dan minuman yang baik dikonsumsi saat sahur, berikut adalah tips-tipsnya :

1. Mulailah sahur dengan meminum segelas air putih. Karena selama puasa tubuh akan lebih banyak kehilangan cairan.

2. Sebaliknya Jangan minum kopi, teh, karena mengandung zat diuretic (zat yang membuat kencing terus) yang malah bisa menyebabkan tubuh kekurangan cairan. Hal yang selama ini dianggap salah, minum kopi bertujuan untuk menyegarkan badan, memang benar, namun itu paling lama bertahan 1-2 jam saja, setelah itu yang terjadi justru perut atau lambung akan terasa pedih, karena asam lambung yang berlebihan.

3. Perbanyaklah makan buah-buahan, karena buah-buahan adalah menu yang baik untuk sahur dan juga untuk berbuka. Buah-buahan mengandung elektrolit yang memberi kesegaran pada tubuh dalam beraktivitas.
4. Selama puasa, zat besi di dalam tubuh kita akan menurun karena berkurangnya jumlah sel darah merah yang ada di dalam tubuh. Akibatnya tubuh akan menjadi lebih lemas, mengantuk karena pasokan oksigen yang dibawa sel darah merah tidak maksimal.  Mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi pada saat sahur akan mengontrol kadar hemoglobin dalam tubuh, salah satunya dengan mengonsumsi jus tanpa gula.

5. Pilihlah karbohidrat kompleks, seperti nasi merah ketimbang nasi putih, atau roti gandum ketimbang roti putih, karena akan membuat gula darah stabil seharian, dan juga bijaklahdalm mengkonsumsi makanan yang manis dari gula pasir. Makanan yang manis akan membuat Anda cepat lapar. Makanan yang mengandung banyak gula akan membuat tubuh berekasi melepaskan insulin dengan cepat. Sehingga tubuh akan meminta asupan energi baru, karena itu Anda akan cepat merasa lapar. Pilihlah manis alami, seperti gula aren atau madu.

6. Untuk lauknya Anda bisa menambahkan lauk yang kaya protein nabati dan hewani, seperti tempe, tahu, kacang-kacangan dan daging atau ikan. Agar tidak bosan, Anda bisa juga berimprovisasi dengan menu sahur untuk menggugah selera anda. Misalnya roti gandum dengan telur rebus dan daging asap, pasta dengan keju, brokoli rebus, dan ikan tuna. Coba juga kentang panggang dengan brokoli, keju, dan daging asap, serta sup hangat.

7. Hindari menggoreng menu sahur. Makanan yang digoreng akan menyebabkan ikatan oksigen berkurang sampai 20 persen. Ini bisa menimbulkan rasa kantuk di sepanjang hari.

8. Sempurnakan sarapan sahur  dengan mengkonsumsi makanan yang juga mengandung magnesium dan potassium yang bisa Anda temukan pada pisang, jeruk, dan kacang almon. Magnesium akan membantu tubuh kita memproduksi energi untuk beraktivitas di sepanjang hari.

Nah, itulah beberapa tips agar minuman dan makanan yang kita konsumsi ketika sahur mejadi berkualitas untuk puasa kita. Dan tidak lipa Info unik 7 mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa

No comments:

Post a Comment